- KIPLI

Pengenaan Tarif Cukai Untuk Hasil Tembakau Lainnya (HPTL)

Per tanggal 1 Juli 2018 Pemerintah telah memberlakukan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 146/ PMK.010/201 7 Tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau yang menetapkan pengenaan cukai terhadap liquid vaporizer (vape) sebesar 57 persen.
Tarif cukai tersebut dikenakan kepada Pengusaha Pabrik dan Importir Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL ) sebesar 57 persen dari Harga Jual Eceran yang diajukan Pengusaha Pabrik atau Importir.

Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL) seperti diterangkan dalam peraturan tersebut merupakan hasil tembakau yang dibuat dari daun tembakau yang dibuat secara lain sesuai dengan perkembangan teknologi dan selera konsumen, tanpa mengindahkan bahan pengganti atau bahan pembantu yang digunakan dalam pembuatannya.
Termasuk dalam HPTL lainnya yang disebutkan dalam aturan tersebut adalah ekstrak dan esens tembakau, tembakau molasses, tembakau hirup (snuff tobacco), dan tembakau kunyah (chewing tobacco).
Pemberlakuan aturan pengenaan cukai terhadap HPTL ini merupakan upaya pemerintah dalam pengendalian konsumsi dan pengawasan peredaran barang kena cukai hasil tembakau berupa liquid vape