Focus Group Discussion (FGD) dengan Topik Kebijakan Defisit Anggaran Pemerintah

Bontang, 5 Agustus 2020 – Bertempat di Aula dan media daring Zoom Meeting Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Bontang, telah dilaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan Topik Kebijakan Defisit Anggaran Pemerintah. Acara ini dihadiri oleh seluruh pegawai KPPBC TMP C Bontang.

Handojo, selaku kepala kantor menjadi narasumber pada acara kali ini. Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa untuk tetap mempertahankan perekonomian negara pada saat pandemi covid-19 ini, pemerintah hanya memiliki 3 cara yaitu:
1. Meningkatkan penerimaan pajak
2. Mengurangi Spending (Efisiensi)
3. Menerbitkan Utang

Beliau juga menekankan bahwa utang merupakan alat (tools) pemerintah dan bukan merupakan tujuan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan penting dan mendesak dengan cepat (tanpa penundaan).

Acara juga diselingi dengan beberapa kuis serta ditutup dengan pemberian penghargaan Satyalancana Karya satya kepada Ari Winarno, Arief Rahman Yusuf, dan Akhmad Junaidi yang telah berkontribusi terhadap Direktorat Jenderal Bea dan Cukai selama lebih dari 10 tahun. Dan juga pemberian penghargaan kepada Junianto Eka Saputra sebagai pegawai teladan periode tahun 2019 atas kinerja, disiplin dan etika yang terbaik. Kami ucapkan selamat.