Pemantauan Perkembangan Harga Transaksi Pasar Produk Hasil Tembakau di Pasaran

Bontang, 12 September 2019 – Berdasarkan SE-18/BC/2017, Bea Cukai Bontang melaksanakan kegiatan pemantauan perkembangan harga transaksi pasar produk hasil tembakau di pasaran yang dilaksanakan pada tanggal 9, 10 dan 11 September 2019. Berlokasi di dua Kecamatan Kota Bontang yaitu Kecamatan Bontang Selatan dan Kecamatan Bontang Utara.

Kegiatan monitoring Harga transaksi Pasar (HTP) yang dilakukan yaitu mendatangi toko eceran rokok baik toko modern maupun tradisional dimana rokok diletakkan di etalase tersendiri, lalu membandingkan harga jual eceran yang ada di pita cukai yang menempel pada bungkus rokok dengan harga jual eceran yang dijual oleh toko yang bersangkutan.

Di setiap Kecamatan, Bea Cukai Bontang mendatangi 4 toko eceran maupun minimarket dan memberikan penyuluhan kepada para pedagang terkait ketentuan cukai produk hasil tembakau. Tidak ada penindakan dalam kegiatan monitoring ini. Apabila didapatkan kesalahan pada rokok yang dijual, petugas Bea dan Cukai melakukan sosialisasi dan edukasi kepada penjual eceran agar dapat mengetahui rokok yang legal untuk dijual.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan harga rokok yang dijual oleh penjual eceran sesuai dengan harga yang tertera pada pita cukai, selain itu juga diharapkan para penjual eceran mengetahui karakteristik rokok yang legal untuk dijual sehingga mereka tidak lagi menjual rokok ilegal.