Peringatan Hari Perhubungan Nasional

Bontang, 12 September 2019 – Pagi ini perwakilan dari Bea Cukai Bontang turut berpartisipasi dalam peringatan Hari Perhubungan Nasional. Peringatan ini merupakan undangan dari Dinas Perhubungan Kota Bontang. Dalam peringatan Hari Perhubungan Nasional 2019 dilaksanakan bersih-bersih pantai bersama. Kegiatan bersih-bersih pantai dihadiri juga oleh instansi lain di lingkungan Kota Bontang.

Kegiatan dimulai sejak pukul 07.30, berlokasi di Pelabuhan Tanjung Laut. Kegiatan bersih pantai ini dilakukan serentak di seluruh pelabuhan di Indonesia. Gerakan ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta bahwa Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik ke lautan terbesar kedua di dunia.
Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (Inaplas) dan Badan Pusat Statistik bahwa sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun, dengan sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut dan berbahaya bagi keberlangsungan ekosistem di laut. Oleh karena itu, pemerintah menargetkan pengurangan sampah di laut hingga 70 persen pada 2025 agar mengurangi dampak pencemaran dan kerusakan lingkungan laut dan pantai.

Para partisipan terlihat antusias dalam melakukan bersih-bersih pantai bersama. Kegiatan berjalan dengan lancar hingga selesai. Kini lingkungan pantai terlihat lebih bersih dari sampah. Yuk sayangi lingkungan kita, mulai dari hal yang paling mudah. Kalau bukan kita yang jaga, siapa lagi?