Dorong Perekonomian Bontang, Bea Cukai Mengadakan Bimtek dan Sosialisasi Bagi Pelaku UMKM Kota Bontang

Kegiatan Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Proses Ekspor Bagi Pelaku UMKM Kota Bontang

Guna mendorong pemberdayaan UMKM, KPPBC Kota Bontang mengadakan Bimtek dan Sosialisasi kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah yang bertemakan ”UMKM Naik Kelas Ekonomi Bontang Ngegas”.

Sosialisasi dilakukan di Aula Kantor Bea Cukai Bontang pada Rabu, 21 Juni 2023. Dalam sosisalisasi ini Bea Cukai bekerja sama dengan PT FedEx Express International guna memberikan informasi terkait penggunaan perusahaan jasa kirim dalam pengiriman barang ke luar negeri serta bank mandiri terkait pembiayaan usaha bagi UMKM.  

Adapun hal-hal yang dibahas seperti mekanisme pengiriman barang contoh (pengiriman sampel) ke luar negeri, Regulasi beberapa negara tujuan ekspor, Persyaratan dan biaya yang dibutuhkan, dan tawaran pembiayaan modal dari sector.

Turut mendukung kesejahteraan UMKM, Bank Mandiri  memberi pembiayaan usaha bagi UMKM dengan memberikan kredit modal kepada para UMKM di Bontang. KUR (Kredit Usaha Rakyat) sendiri sangat berperan penting dalam meningkatkan ekspansi bisnis.

Adanya kerja sama ini dapat memberikan solusi bagi para pelaku UMKM Bontang agar produk mereka bisa lebih dikenal lagi secara luas. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan dan pemberdayaan bagi UMKM, diharapkan dengan adanya Bimtek dan Sosialisasi ini dapat menjadikan UMKM Bontang naik kelas dan pertumbuhan ekonomi Kota Bontang semakin meningkat.